Pages

Masalah dan Tujuan (Proposal Metode Riset)

Tema    : Kepuasan Konsumen
Judul    : Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Hypermarket Carrefour Cabang Buaran Plaza

Nama/NPM/Kelas : Sulaeman/19210757/3EA13 



II. Rumusan Masalah dan Batasan Masalah


II.1    Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan di atas, maka perumusan masalah dalam penulisa ilmiah ini adalah : Bagaimana tingkat kepuasan konsumen terhadap Pelayanan Hypermarket Carrefour Cabang Buaran Plaza, dengan memuat 5 dimensi kualitas jasa, yaitu : Keandalan (Realibility), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan ( Assurance), Empati ( Emphaty) dan Bukti Fisik ( Tangibles).

II.2  Batasan Masalah

Batasan masalah dari lima dimensi pokok dalam menentukan kualitas jasa pada Penulisan Ilmiah ini adalah :
Keandalan (Reliability), yang meliputi : pelayanan yang diberikan, proses  pembayaran.
Daya Tanggap (Responsiveness), yang meliputi : kesigapan dalam melayani konsumen, kecepatan menangani transaksi dan penanganan keluhan-keluahan konsumen.
Jaminan (Assurance), yang meliputi : kompetensi, kesopanan, kredibilitas.
Empati (Emphaty), yang meliputi : akses, komunikasi, dan pemahaman kepada konsumen.
Bukti Fisik (Tangibles), yang meliputi : penampilan fisik gedung dan layou ruangan, ketersediaan tempat parkir, kebersihan, kerapihan dan pengamanan ruangan, sarana komunikasi dan penampilan karyawan.
Sedangakan batasan masalah dari populasi adalah konsumen pria dan wanita berusia 18-45 tahun di wilayah Klender dan sekitarnya, dengan jumlah responden 100 orang diambil secara random.
Periode penelitian selama 3 bulan. Jangka waktu bulan November-September.

III. Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan yang diberikan oleh Hypermarket Cabang Buaran Plaza, berdasarkan lima dimensi kualitas jasa.

IV. Manfaat Penelitian
IV.1 Untuk Pengembangan Ilmu Pengetahuan

Hasil penelitian ini diharapakan dapat digunakan sebagai bahan referensi bagi pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya untuk mengetahui tingkat kepuasan konsmen terhadap pelayanan yang diberikan oleh Hypermarket Carrefour Cabang Buaran Plaza. Hasil penelitian ini dapat menambah pembendaharaan kepustakaan bagi Fakultas Ilmu Ekonomi Jurusan Manajemen.



0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.