Apa sebenarnya definisi “sukses” itu? Tanpa mengacu pada kamus, definisi sukses tentunya sangat relatif. Semua orang punya definisinya masing-masing. Bagi sebagian orang, sukses bermakna pencapaian atas apa yang mereka cita-citakan. Bahkan adapula yang berpendapat bahwa sukses tidak akan mempunyai satu definisi yang khusus karena sukses merupakan sebuah proses perjuangan.
Kalau kita cari pengertian sukses dari beberapa tokoh, kita juga akan temui definisi yang sangat beragam:
“Success is the ability to live your life the way you want to live it, doing what you most enjoy, surrounded by people who you admire and respect.” (Sukses berarti jika seseorang menikmati dan mencintai profesinya sekarang, dan ia dikelilingi oleh orang-orang yang ia cintai dan mencintai dirinya). - Brian Tracy, Million Dollar Habits
“Success is the progressive realization of a worthy ideal.” (Sukses adalah realisasi progresif dari prinsip-prinsip seseorang yang bernilai). – Earl Nightingale, The Strangest Secret
“Getting many of the things money can buy – and all the things money can’t buy. Money can buy you a mattress, but you can’t buy a good night’s sleep.” (Mendapatkan banyak hal yang bisa dibeli oleh uang – dan semua hal yang tak bisa dibeli oleh uang. Anda bisa membeli kasur, tapi Anda tak bisa membeli tidur yang nyenyak). - Zig Ziglar dalam suatu wawancara di majalah Time.
Ukuran Sukses
Kebanyakan orang mendefinisikan sukses berdasarkan pada, kekuasaan, uang, kemasyhuran. Seorang bijak pernah mengatakan : “Uang dapat memberi Anda sebuah istana yang sangat megah, mobil-mobil mewah, namun uang tidak dapat memberi Anda rumah yang penuh dengan kasih dan penghargaan tulus dari orang-orang yang tinggal di dalamnya.
Sejarah mencatat banyak orang yang tampak sukses dari luar karena uang, kekuasaan dan kemasyhuran yang dimilikinya melakukan bunuh diri. Sebut saja nama berikut: Jesse Livermore, (nvestor terbesar di Wall Street), Leon Fraser (Presiden the Bank of International Settlements), dan Ivan Krueger (kepala dari monopoli dunia terbesar).
Cara Meraih Sukses yang Tidak Berakhir
Setelah membaca dan mendengarkan banyak kisah sukses para pendahulu, perkenankan saya berbagi dengan Anda. Saya datang pada satu kesimpulan bahwa ada tiga kunci yang mengantarkan seseorang untuk bisa membuka pintu gerbang kesuksesan yaitu:
1. Berpikir baik,
2. Berbicara baik,
3. Berbuat baik.
Berpikir Baik
Segala aktivitas kita berawal dari pikiran. Pikiran merupakan driver dari semua aktivitas hidup ini. Pikiran baik maksudnya: Berpkir bagaimana membahagiakan orangtua, anak dan istri, keluarga, memberikan pelayanan kepada sesama, memberikan sesuatu yang bernilai untuk masyarakat. Berpikir memberikan sesuatu yang mampu menjaga kebersamaan, persaudaraan, dan persatuan. Berpikir memberikan kontribusi positif pada perkembangan umat manusia di segala bidang kehidupan.
Bicara Baik
Pikiran yang baik butuh ruang untuk mengutarakannya sehingga orang tahu bahwa Anda punya kualitas, ruang itu yang bernama bicara. Dalam pergaulan sehari-hari, orang yang pintar membawa perkataannya, bisa menjaga perasaan teman, berkata jujur dan apa adanya, tidak melebih-lebihkan atau menguranginya,sangat disegani dan senangi teman-temannya. Sebaliknya mereka yang mudah mengeluarkan kata-kata kasar, kata menghardik, membentak, menfitnah, berbohong, akan tidak disukai di tempat kerja, di masyarakat, di manapun dia berada.
Berbuat Baik
Pikiran yang baik, perkataan yang baik, tidaklah cukup bila tidak dibuktikan dengan perilaku yang baik. Trust (kepercayaan) dalam bisnis ada bila bukti itu ada.
Saudaraku sekalian, saat keheningan menghampiri seakan mereka berpesan pada saya bahwa untuk mencapai sukses itu kita harus mampu menyelaraskan antara pikiran, perkataan dan perbuatan kita. Sukses adalah sebuah produk dari ketiga aktivitas tadi (pikiran baik, perkataan baik dan perbuatan baik). Apa yang kita pikirkan, yang kita ucapkan dan yang kita lakukan semuanya yang baik-baik, pasti sukses itu akan datang menghampiri.
Bagaimana konsep sukses menurut Anda?
Tiga Kunci Rahasia Meraih Sukses
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Gunadarma University
Labels
- Bahasa Indonesia 2 (15)
- Bahasa Inggris (13)
- Bahasa Inggris Bisnis 2 (2)
- Drugs (1)
- Ekonomi Koperasi (6)
- Etika Bisnis (4)
- Global Warming (1)
- Ilmu Budaya Dasar (10)
- Inspirasi dan Motivasi (1)
- Knowledge (2)
- Komodo (1)
- Lingkup Remaja (1)
- Metode Riset (12)
- Pendidikan Kewarganegaraan (5)
- Perilaku Konsumen (14)
- Social Networking (1)
0 komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.